pemberdayaan-anak-anak-desa-ononamolo-talafu-kabupaten-nias-berbasis-rumah-belajar-terintegrasi-smart-application.jpg

Pemberdayaan Anak-Anak Desa Ononamolo Talafu Kabupaten Nias Berbasis Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application

10 Sep 2021 - 77 View
Share

Pemerintah sangat fokus pada pembangunan sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas dihasilkan melalui proses Pendidikan yang berkualitas. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945 serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Salah satu misi pendidikan nasional adalah memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta untuk meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, ketrampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan atau global. 

Mahasiswa adalah peserta didik pada jenjang pendidikan tinggi. Mahasiswa merupakan luaran dari sistem pendidikan nasional yang akan menjadi penggerak bangsa di masa depan. Oleh karena itu, salah satu indikator kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kualitas mahasiswanya saat ini. Mahasiswa yang berkualitas adalah mahasiswa yang memiliki multi kecerdasan, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan sosial. Oleh karena itu, proses pembelajaran perguruan tinggi harus mampu mengembangkan soft skills dan hard skills mahasiswa serta mampu membangkitkan, menumbuhkan, dan mengembangkan berbagai dimensi kecerdasan tersebut. Soft skills mahasiswa dapat dikembangkan melalui berbagai program, salah satunya melalui pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Sehubungan dengan itu Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun membangun desa, melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

mahasiswa-program-php2d-uma-ke-desa-ononamolo-talafu-kabupaten-nias.jpg

Selanjutnya pada tahun 2021 ini, Universitas Medan Area Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melalui  Organisasi Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAP) mendapatkan pendanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Lokasi Kegiatan adalah Desa Ononamolo Talafu Kecamatan Botomuzoi Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kegiatan pengabdian ini yang menjadi khalayak sasaran adalah anak anak yang berusia 8-15 tahun. Jumlah khalayak sasaran ini adalah sebanyak 50 orang. Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan ini akan melibatkan 5 orang tokoh masyarakat Desa Ononamolo Talafu, kepala desa, kepala dusun serta beberapa pemuda Desa Ononamolo Talafu dalam melakukan koordinasi, kerjasama dan dalam memelihara ketertiban jalannya kegiatan. Nantinya dalam pelaksanaan kegiatan ini, dari 50 orang masyarakat sasaran akan dibagi dalam 4 (empat) kelompok untuk mempermudah dalam pelatihan. Adapun kegiatan yang akan kami buat adalah Pemberdayaan Anak-Anak Desa Ononamolo Talafu Kabupaten Nias Berbasis Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application sebagai Upaya Peningkatan SDM Anak di Masa Pandemi Covid-19.

Pembentukan dan pelaksanaan Pemberdayaan Anak-Anak Desa Ononamolo Talafu Kabupaten Nias Berbasis Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application sebagai Upaya Peningkatan SDM Anak di Masa Pandemi Covid-19 dengan menggunakan 4 (empat) tahapan, yaitu:

1. Tahap awal pengenalan dan penanaman materi, nilai-nilai dan norma kepada para anak-anak di Desa Ononamolo Talafu sekaligus memilih anak dan pemuda potensial untuk dijadikan sebagai Pendidik Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application. Kegiatan ini meliputi: Sosialisasi (Program Desa Binaan), Pembekalan Pembinaan Awal Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application, Capacity Building Kader Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application dan Praktek dan Evaluasi I dari Kader Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application.

2. Tahap menumbuhkembangkan orientasi dari kader Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application agar memiliki mental yang siap untuk menjadi Pendidik Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application. Kegiatan ini meliputi: Evaluasi II, Ice Breaking Pengenalan Masalah, Pembekalan dan Arahan oleh Trainer dan Malam Konsolidasi.

3. Lanjutan dari tahap pertama dan tahap dua. Dalam tahap ini kader Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application telah memiliki mental sebagai Pendidik Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application, orientasi dan tujuan pada indeks pembangunan manusia di Desa Ononamolo Talafu. Kegiatan ini meliputi: Seminar Penyuluhan, Praktek dan Evaluasi III, Ice Breaking dan Penguatan Materi dan Praktek dan Evaluasi IV.

4. Tahap terkahir, dimana di tahap ini Kader Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application siap untuk melakukan kegiatan lapangan dengan berinteraksi dan berhadapan secara langsung, mengaplikasikan materi program Rumah Belajar Terintegrasi Smart Application yang telah diterima melalui penyuluhan, sosialisasi, konseling dan kegiatan lainnya kepada masyarakat Desa Ononamolo Talafu, Sekaligus pembuatan Laporan. Kegiatan ini meliputi: Ice Breaking, Briefing, dan Mentoring, Kegiatan Lapangan dan Evaluasi kegiatan I, Kegiatan Lapangan dan Evaluasi kegiatan II, dan Pelaporan.

Adapun tim pelaksana PHP2D di Desa Ononamolo Talafu ini, yaitu: Sony Setiaman Lase, Yorizal Tri Marzuki Gulo, Servista Waruwu, Mikael Irwan Susanto Sarumaha, Syahra Mitha, Dara bella, Sudirman Pranata, Lia Andriyani, Lebiyus Gulo, Lili Handayani Halawa, Agung Rahmat Christin Mendrofa. 

Nama Dosen Pembimbing: Beby Masitho Batubara,  S.Sos, M.A.P

 

Baca Juga :

smart-applicationrumah-belajarkabupaten-niasdesa-ononamolo-talafuphp2dmahasiswa-terbaikmahasis

© 2021 PDAI - Universitas Medan Area Facebook UMA | Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut. Twitter UMA | Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut. Instagram UMA | Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut. Youtube UMA | Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut.